Trik agar akun media sosial aman dari hacker

 Assalamualaikum wr wb




Tidak bisa saya pungkiri, makin banyak maraknya kasus peretasan media sosial seperti fb, ig, dan semacam nya, padahal oleh pihak medsos tersebut sudah memberikan fitur fitur keamanan, tapi kenapa akun kita masih kena bajak, mari kita cari tau pada artikel ini.a

Banyak sekali pertanyaan pertanyaan yang sering di tanyakan pada berbagai media sosial, entah itu bagaimana cara seseorang meretas akun facebook, bagaimana cara mengamankan akun kita dari peretas, dan bagaimana cara kita menyikapinya.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan semua tentang pertanyaan pertanyaan di atas.

Sebelum itu saya mungkin perlu menjelaskan terlebih dahulu, apa sih meretas/hacking itu?

Meretas/hacking merupakan suatu tindakan kriminal yang di lakukan oleh hacker dengan mengambil alih suatu akun yang telah ia retas, dengan mengganti semua data² akun maupun sandi, sehingga pemilik akun tersebut tidak dapat login/masuk kembali kedalam akun miliknya.


Kasus peretasan sangat banyak marak sekali terjadi, salah satu faktor nya yaitu dari kecerobohan kita sendiri, contoh nya:

  1. Kita memasukkan username dan sandi pada link phissing/link yang tidak tidak jelas, link tersebut merupakan link yang sudah di ubah, sehingga data yang sudah di masukkan kedalam link tersebut akan terkirim ke pelaku.
  2. Kita menggunakan kata sandi yang lemah, atau kata lain mudah di tebak, saya sarankan, jika membuat kata sandi pada akun media sosial, jangan memilih kata sandi yang sama dengan username akun kalian, apalagi hanya di tambahi angka pada belakang katanya seperti sangberdasi123, sandi tersebut sangat rentan untuk di retas.
  3. Memberitahukan kode tertentu yang dikirim kan pada sms hp anda ke orang lain, hal ini sangat beresiko untuk di retas akun anda, lebih baik saya sarankan, jangan kalian beritahu kode yang dikirim ke sms kalian pada orang lain, dengan alasan apa pun itu jangan kalian lakukan, karena itu pasti dan mungkin orang tersebut terindikasi yaitu seorang peretas yang akan meretas akun anda.
  4.  Kesalahan yang terakhir adalah karena kita login di sembarang tempat, entah itu pada perangkat seseorang maupun di link yang tidak jelas.


Bagaimana sih cara peretas meretas akun media sosial kita?

Meretas media sosial itu banyak metode nya ya, entah itu meretas dengan bruteforce, meretas dengan phissing, maupun meretas dengan bantuan aplikasi yang lain.

Saya akan menjelas beberapa macam nya:

     

  1. Bruteforce, meretas dengan metode ini merupakan metode yang banyak dan mudah di lakukan, metode ini dilakukan dengan mengcrack dengan tertarget, jadi jika kita ingin meretas akun si A, maka peretas akan menebak sandi akun si A dengan ribuan password yang sudah di jadikan 1 pada file yang bernama wordlist, dan di jalankan oleh suatu terminal, bisa menggunakan linux maupun termux, jadi kemungkinan teretas nya akun si A tergantung pada isi pasword pada wordlist tersebut.
  2. Multi bruteforce, metode juga banyak di gunakan, metode ini di lakukan dengan cara mengcrack atau meretas banyak akun dengan 1 pasword, saya contohkan, saya akan mengcrack/meretas akun yang ada pada grub A yang memiliki ribuan member, jadi saya akan akan mencoba login pada ribuan akun pada grub A dengan 1 password maupun benerapa pasword, jadi kemungkinan mendapat akun sangat lah besar
  3. Phissing, metode ini dilakukan dengan meniru tampilan login suatu media sosial, dengan menyebar link phissing tersebut ke berbagai media sosial, entah itu dengan iming iming gift diamond maupun yang lainnya, sehingga target akan tergiur, dan memasukkan data media sosialnya ke dalam link phissing.
  4.  

Bagaimana cara agar akun mendia sosial kita aman dari ancaman peretas

 

  1. Pastikan sandi di buat dengan cukup rumit, tapi ingat jangan sampai lupa, kalau bisa gunakan simbol untuk mengawali sandi, contoh: ./sangberdasi123, itu bisa di praktekan, atau kalian dapat menggunakan yang lain.
  2. Jangan membuka sembarang link, apalagi dari orang yang tidak kita kenal.
  3. Jangan mudah mengisi data seperti username maupun sandi kita pada link yang tidak resmi, pastikan terlebih dahulu apakah link tersebut resmi dari pihak media sosial atau bukan
  4. Jika ingin lebih aman, kalian buka pengaturan media sosial kalian, lalu kalian dapat memilih verifikasi 2 faktor, lalu pencet aktifkan, fungsi nya, jika ada seseorang yang ingin login akan di blokir dan akan di arahkan untuk meminta kode dengan nomer telpon pemilik, walaupun si peretas sudah mengetahui sandi akun kalian.


Jika semua sudah di lakukan seperti kata saya di atas, dan saya yakin insyaallah pasti aman. Itu semua dari pengalaman saya tersendiri.

Baca juga:Cara membuat phissing semua medsos


Jika kalian memiliki pertanyaan, dapat langsung menanyakan pada kolom komentar, atau langsung bertanya kepada saya pada kolom contact pada artikel ini.


Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ya, supaya orang lain juga dapat pengetahuan.


Terimakasih.

 

 

D3PAK

Hallo pembaca setia artikel ini, saya sangat berterimakasih atas partisipasi anda semua, thanks for support and everything

1 Komentar

  1. Jika kalian ingin bertanya, silahkan tanya langsung pada kolom komentar yaa:)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama